Friday, March 31, 2017


Membangun Relasi Bisnis
Hei Kamu, mempunyai dan mengelola bisnis sendiri merupakan pencapaian yang sangat luar biasa bagi entrepreuner muda. Namun, tentunya kamu perlu mempuyai dan membangun relasi bisnis untuk terus mengembangkan bisnis yang kamu jalankan karena jaringan dan relasi merupakan aset terbesar bagi kelangsungan sebuah bisnis, termasuk bisnis yang kamu jalankan. Salah membangun relasi bisnis akan menyebabkan bisnis kamu akan sulit berkembang.

Relasi bisnis yang kuat juga menjadi salah satu sumber untuk membangun jaringan bisnis yang lebih luas. Kamu punya bisnis namun belum mempunyai relasi bisnis? atau kamu sudah mempunyai relasi bisnis namun ingin mengembangkannya? kali ini kami akan membahas langkah mudah membangun relasi bisnis yang tepat untu setiap usaha.

Tips Membangun Relasi Bisnis yang Tepat

Ciptakan Situasi Simbiosis Mutualisme
Ketika membicarakan tentang hubungan relasi bisnis, tentunya akan membicarakan tentang keuntungan yang akan didapat dan diberikan kepada kedua belah pihak yang menjalin relasi atau kerjasama. Jangan hanya memikirkan apa yang akan kamu terima dari relasimu, namun pikirkan pula apa yang bisa kamu berikan kepada relasimu. Dengan begitu, relasi pasangan relasimu  akan lebih percaya dan puas menjalin hubungan dengan kamu. Untuk membangun relasi bisnis yang dapat saling percaya maka kamu jangan menjadi parasit di hubungan relasi ini. Misalnya kamu menghilang ketika relasimu sedang membutuhkan bantuanmu, maka relasimu pun akan melakukan hal yang serupa ketika kamu membutuhkan bantuannya.

Bangun Relasi yang Berkualitas dan Komunikatif
Dalam membangun relasi bisnis kamu perlu menciptakan hubungan yang berkualitas dengan saling berkomunikasi mengenai bisnis yang sedang dijalankan. Untuk membangun relasi bisnis yang berkualitas kamu juga perlu memperhatikan orang yang akan kamu jadikan sebagai rekan relasimu, karena jangan sampai ketika kamu sudah berhubungan dengan relasimu kamu akan dirugikan. Maka sebaiknya kamu memilih relasi yang kiranya mempuni dalam bisnis yang akan kamu kembangkan.
Membangun relasi bisnis sama halnya dengan berhubungan dengan orang lain, dalam sebuah hubungan pasti ada konflik atau kesalahpahaman antar kedua belah pihak. Disini, kamu dituntut untuk menciptakan sebuah hubungan yang komunikatif dan terbuka satu sama lain agar tujuan untuk mengembangkan bisnis bisa tercapai.

Menciptakan Sikap Saling Percaya
Sikap Saling Percaya
Rasa percaya sangat penting dalam sebuah hubungan relasi bisnis yang sehat. Tanpa rasa saling percaya kamu dan pasangan relasimu akan mudah curiga satu sama lain. Akan sangat kacau jika hal itu terjadi, imbasnya hubungan relasi bisnis akan rusak yang akan mempengaruhi bisnismu juga. Membangun relasi bisnis yang sehat akan memudahkan kamu dalam mengembangkan usaha dan bisnis yang kamu jalankan. Apapun jika dilakukan bersama tentunya lebih mudah dari pada dilakukan sendiri.

Memperkuat Ikatan dengan Relasi
Dalam membangun relasi bisnis yang sehat, atau menguntungkan kamu juga harus memperkuat ikatan dengan relasimu. Ada tips untuk memperkuat ikatan dengan relasi, yakni dengan membuat rekan relasimu tersebut merasa simpati pada kamu. Rasa simpati sebenarnya kelemahan yang tidak boleh ditunjukkan dalam dunia bisnis yang keras ini. Namun, penelitian menunjukkan bahwa membuat rekan relasimu merasa simpati terhadap kamu akan mengikat secara emosional. Demikian pula jika kamu menunjukkan rasa simpati pada setiap konsumenmu. Dengan hubungan yang dibangun dengan saling bersimpati maka akan menaikkan rata-rata keberhasilan dalam bernegosiasi.

Nah, jika kamu ingin berhasil bernegosiasi dan menjaga hubungan kamu dengan relasi bisnismu. Tunjukkan rasa simpatimu pada segala kesulitan yang mereka dapatkan.
Dengan demikian kamu bukan hanya rekan bisnis biasa namun juga akan mendapatkan sahabat!
Selamat mencoba !!

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Blog Archive

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget