Saturday, April 1, 2017

Menghindari Kegagalan Bisnis Online
Pesatnya perkembangan bisnis online membuat persaingan dalam bisnis yang mengandalkan internet ini kiat ketat, se ketat celana renang. Banyak kelebihan dalam menjalankan bisnis seperti ini, diantaranya akan lebih hemat waktu dan tenaga. Selain kelebihannya tadi kenapa bisnis online ini begitu digemari, apalagi oleh para pebisnis muda yang lebih menganal dunia maya. Luasnya jangkauan yang didapat dengan menggunkan sosial media sebagai media promosi juga salah satu faktor unggulan yang digemari para pelaku bisnis online tersebut.

Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan dalam menjalankan bisnis online tidak memiliki resiko kegagalan atau lebih parahnya kebangkrutan. Ya begitulah dunia bisnis, baik online maupun offline semuanya memiliki resikonya tersendiri. Untuk itu, kali ini penulis mencoba mengulas mengenai kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis online, sehingga ketika kamu mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut kamu bisa menghindarinya agar bisnis online yang kamu jalankan tidak mengalami kegagalan.

Kesalahan Dalam Bisnis Online

Terlalu Lebay Dalam Melakukan Promo
Bayangkan saja ketika kamu membuka sosial media yang niatnya ingin menyapa sahabat dunia mayamu namun yang kamu temukan di beranda justru promo ini itu. Please deh, pengguna sosial media itu juga manusia, jadi jangan lebay dalam melakukan promo di sosial media. Jadi stop promo berlebihan, perlu sesekali kamu memposting tentang kehidupan nyata, atau postingan yang ringan-ringan. Perlu juga kamu menyapa teman sosmed, komen dan like di postingan teman sosmed kamu, bila perlu share postingan teman sosmedmu. Dengan begitu calon konsumen juga akan membalas apa yang kamu lakukan dan bonusnya mereka mengatahui keberadaanmu dengan produk yang kamu tawarkan. Bangun kedekatan dengan audien sosial media, dengan kedekatan yang baik niscaya konsumen akan datang dengan sendirinya.

Kurang Menjaga Hubungan Baik Dengan Konsumen
Ketika konsumen sudah melakukan transaksi jual beli dengan kamu, apakah kamu akan membiarkannya pergi begitu saja? Kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis online diantaranya kurang komunikatif dengan konsumen yang telah selesai melakukan transaksi. Meskipun mereka sudah membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan, baiknya sesekali kamu tetap menjaga komunikasi agar hubungan baik tetap terjaga. Tanyakan juga mengenai produk atau jasa yang sudah mereka beli, apakah bermanfaat atau ada kendala. Disitu kamu selain dapat mengetahui mengenai kekurangan atau kelebihan dari produk yang kamu jual, hubungan yang baik juga memungkinkan konsumen untuk repeat order.

Menjadikannya Bisnis Sampingan
Tidak salah memang menjadikan bisnis online sebagai bisnis sampingan dikala kamu ingin menambah penghasilan. Namun perlu diingat, persangain dalam bisnis online justru lebih ketat jika dibandingkan dengan bisnis offline. Bagi siapa saja yang setengah hati dalam menjalankan bisnis online, maka percayalah kegagalan akan menghantuinya. Hanya sedikit orang yang berhasil sebagai pebisnis online yang melakukannya sebagai bisnis sampingan. Kebanyakan orang sukses yang menjalankan bisnis online adalah orang-orang yang benar-benar terjun dan menjadikan bisnis online ini sebagai penghasilan utama.

Rencana Awal Yang Kurang Tepat
Strategi Bisnis
Setiap pebisnis tentunya memilik rencana awal sebelum memulainya, orang yang memiliki rencana awal bagus belum tentu akan selalu berhasil melewati persaingan yang kian ketat. Bagi yang sudah memulai bisnis online namun tetap belum bisa mendapat profit yang signifikan, mungkin perlu melakukan evaluasi terhadap rencana awal. Rencana atau pun strategi dalam berbisnis bisa kamu evaluasi setiap tri semester atau 6 bulan sekali. Namun, bagi pebisnis yang begitu ambisius evaluasi strategi bisa dilakukan setiap bulan. Yang perlu ditanamkan disini adalah melakukan evaluasi strategi tidak hanya dilakukan ketika penjualan sedang down, namun juga diperlukan untuk meningkatkan profit. Jadi untuk waktu evaluasinya tergantung pebisnis itu sendiri dalam mensikapinya.

Sulit Move On
Penulis akui bahwa memang sulit untuk move on, apalagi ketika baru pertama kali mencoba berbisnis. Kegagalan selalu menghantui pebisnis pemula, banyak diantaranya yang berhenti dalam bisnis atau menyerah, namun banyak pula yang mencoba bangkit dari kegagalan itu. Orang yang akan berhasil dalam bisnis dengan begitu banyak persaingan adalah mereka yang berani bangun, bangun, bangun dan berlari ketika mereka terpuruk. Jadilah seekor kucing karena ketika kucing terjatuh meski dari lantai 7 dia akan langsung berlari tanpa pernah menengok kebelakang.

So, para pebisnis online, apakah kiranya bermanfaat artikel ini?, jika iya sudi kiranya untuk sekedar mengshare artikel ini kepada sahabat sosial media kamu, agar bermanfaat juga untuk teman yang sedang berbisnis online.
Salam Sukses!!
.


0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget