Wednesday, April 5, 2017

7 Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis
Pertumbuhan bisnis dan ekspansi bisnis merupakan tujuan utama bagi sebagian besar pemilik bisnis dan para pengusaha. Sedangkan ada banyak cara untuk memperluas bisnis di era pertumbuhan perekonomian yang terbilang lambat seperti saat ini. Tantangandalam berbisnis saat ini banyak menawarkan peluang unik untuk memperluas jangkauan bisnis bagi mereka yang memiliki kemampuan khusus. Berkembangkanya bisnis adalah suatu tantangan yang selalu berkelanjutan. Berikut ada beberapa ide-ide unik, segar yang cocok untuk kondisi pasar saat ini, mungkin dapat merangsang beberapa pemikiran baru tentang bagaimana memperluas bisnis yang kamu jalankan.

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Strategi Perluasan Bisnis

Strategi Perluasan Bisnis

Perencaan bisnis yaitu kunci untuk memulai perluasan bisnis. Pikirkanlah setiap mode perluasan bisnis yang telah di diskusikan di atas dan sesuaikan dengan bisnis yang kamu jalankan. Mulailah membuat daftar perencanaan. Contoh, kota mana yang kamu pilih untuk membuka cabang baru?, Siapa kompetitor yang akan kamu beli jika harganya sesuai?, Industri apa saja yang terkait atau menjadi pelengkap dengan bisnis kamu sekarang? Ketika kamu telah mengidentifikasi beberapa cara untuk melakukan perluasan bisnis, hal berikutnya adalah lakukan sedikit riset pasar untuk lebih mempelajari mengenai kesempatan, dan masalah untuk perluasan bisnis. Sebagai contoh lainnya, ketika kamu ingin membuka cabang baru di kota lain, kamu mungkin bisa mengunjungi kota tersebut dan menanyakan pelanggan potensial tentang ketertarikan melakukan bisnis dengan kamu, jika kamu membuka cabang baru di kota mereka.

Produk Dan Layanan Baru

Strategi ini terdengar relatif sederhana dan simple, namun untuk mengeksekusi strategi ini secara serius bukanlah hal mudah, apalagi untuk pemula. Pertama, kamu perlu mencari tahu mana produk dan layanan yang pelanggan kamu inginkan, dan berapa banyak dari mereka yang bersedia membayar untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan. Berikutnya, menentukan mampu atau tidak kamu menjual produk dan jasa hingga menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melakukan riset pasar menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya baik manusia maupun keuangan untuk produk baru atau perluasan layanan.

Menjual Lebih Banyak Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan Yang Ada

Menjual lebih banyak produk dan layanan kepada pelanggan adalah sisi lain dari strategi meningkatkan keuntungan seperti point yang pertama. Sentuhlah basis pelanggan kamu saat ini dengan lebih mendalam. Mulailah dengan melakukan analisis terhadap segmentasi pasar untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang paling banyak membeli produk, sehingga kamu dapat memfokuskan penjualan dan strategi pemasaran pada segmen ini.

Perluas Pada Industri Terkait

Apa yang telah kamu lakukan dengan tepat terhadap bisnis yang kamu jalankan, bisa juga diterapkan dengan baik untuk industri yang masih berhubungan dengan bisnis pertama anda, misalnya agen travel dan asuransi perjalanan, keduanya saling terkait dan saling menguntungkan. Ketika memperluas bisnis kamu pada industri yang masih terkait, kamu dapat memulai bisnis dari awal atau membeli bisnis yang sudah ada sebelumnya. Akuisisi cenderung lebih cepat dan lebih murah serta minim berisiko. 

Bentangkan Sayap Pasar

Jika bisnis kamu hanya ada pada satu lokasi atau satu wilayah saja, sekarang mungkin waktunya untuk mendirikan toko di lokasi kedua atau memperluas area layanannya. Misalnya, membuka bisnis di lingkungan terdekat atau kota lain atau membuat layanan kamu tersedia untuk khalayak yang lebih luas secara letak geografis. Dalam membuka cabang kedua tentu jauh lebih murah daripada memulai bisnis baru dari nol. kamu juga bisa mendapatkan banyak pelanggan baru dengan membuka cabang ini. Dengan demikian cara ini bisa untuk meningkatkan bisnis kamu menjadi lebih menguntungkan.

Masuk Pada Penjualan Baru Dan Delivery Channel


Internet adalah sarana terbaik dari bagaimana penjualan dan saluran pengiriman baru dapat mengubah bisnis kecil yang kamu jalankan. Perusahaan yang tak terhitung jumlahnya telah mengambil keuntungan dari peluang bisnis online ini. Para retailer yang membuka toko online untuk penyedia layanan mampu menjangkau konsumen yang lebih luas melalui iklan online. Kamu juga dapat menggunakan teknik optimasi mesin pencari (SEO) untuk mendapat peringkat tinggi dalam pencarian web yang dilakukan oleh calon pelanggan.

Mengakuisisi Bisnis Lain

Penggabungan atau mengakuisisi bisnis lain benar-benar dapat melipatgandakan ukuran bisnis kamu dalam waktu singkat, pertumbuhan penjualan produk dan pendapatan secara ekspanensial. Tapi kamu harus melakukan riset menyeluruh pada setiap calon akuisisi potensial sebelum bergerak maju dengan penggabungan usaha ini. Kemungkinan beberapa pesaing bisnis kamu berjuang dalam ekonomi yang kurang baik saat ini, dan mereka mungkin siap untuk menjual bisnis mereka. Anda juga mungkin memiliki banyak ide yang baik tentang bagaimana untuk meningkatkan operasi pesaing kamu dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman kamu dalam berbisnis. Keuntungan lainny, ada skala ekonomi yang kamu  dapatkan seperti penurunan biaya bahan baku atau biaya bisnis lainnya.

Melihat bisnis bisa semakin besar dan punya pasar yang semakin luas memang sangat membanggakan tentunya. Ingat, ketika kamu sudah berhasil memperluas bisnis, kamu juga harus bisa mempertahankannya. Karena jangan sampai kamu terlena dengan pertumbuhan bisnis kamu dan lupa untuk membuat bisnis bisa bertahan.


Terinspirasi oleh artikel ini?, Bagikan untuk teman-teman kamu di social media ya!. Salam sukses dan salam entrepreneur. 

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget