Tuesday, April 11, 2017

Persiapan Modal Usaha dan management Keuangan

Modal adalah barang atau uang yang bersama-sama dengan faktor produksi lain dan tenaga kerja serta pengelolaan yang dapat menghasilkan suatu barang atau produk. Modal usaha bisa berupa materi seperti uang, tanah, bangunan dan juga potensi pribadi (SDM) seperti keberanian, ketrampilan, dll. Dalam menjalani usaha modal berupa materi berupa uang sangat penting untuk menjalankan bisnis, sebab untuk memulai usaha atau bisnis tentunya membutuhkan modal.

Modal dalam pengertian sehari-hari ialah sejumlah uang yang perlu dimiliki sebagai langkah awal berusaha. Besarnya modal uang tergantung pada skala usaha yang akan dirintis, jenis usahanya, dan juga ketersediaan barang dan bahan yang diperlukan untuk melaksanakan bisnis yang akan dijalani tersebut.

Modal investasi yaitu penyediaan sarana usaha yang bersifat fisik seperti sewa tanah, bangunan, perizinan dll. Ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk melaksanakan manajement keuangan dan permodalan adalah sebagai berikut:

1. Sebelum melaksanakan kegiatan usaha atau bisnis, sebaiknya dilakukan analisis pembiayaan atau permodalan yang mencakup modal investasi juga modal kerja.

2. Setelah besarnya modal diketahui, kemudian besar modal yang sudah tersedia bisa dinilai. Misalnya, tanah dan bangunan sudah tersedia tentunya hal tersebut akan mengurangi jumlah modal yang harus dikeluarkan.

3. Semua bentuk aset yang dimiliki dapat dihitung termasuk dana segar yang dimiliki. Kemudian, hitung berapa kekurangan modal yang dibutuhkan, atau melaksanakan bisnis sesuai dengan kemampuan modal yang ada.

Cara Memperoleh Modal Usaha

Modal dapat diperoleh dengan cara, masing-masing memiliki keunggulan maupun kekurangannya terutama dilihat dari sesikonya. Cara memperoleh modal tersebut antara lain:

Cara Memperoleh Modal Usaha
Modal Pribadi
Modal pribadi adalah modal yang digunakan untuk usaha peternakan seluruhnya berasal dari dana pribadi. Usaha atau bisnis yang mengandalkan modal pribadi memiliki resiko yang ditanggung sepenuhnya oleh pribadi. Namun, jika berhasil akan kembali pada diri sendiri juga.

Modal Pinjaman
Bank adalah lembaga keuangan yang bisa memberikan bantuan modal dalam bentuk kredit dengan bunga tertentu atau yang sudah ditetapkan.  Modal pinjaman ini dapat digunakan untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha yang telah ada. Untuk mendapatkan pinjaman dari bank para pebisnis biasanya mengajukan pinjaman ke bank-bank dengan syarat tertentu dan harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh bank yang bersangkutan.

Modal Patungan
Modal patungan yaitu modal yang dapat diperoleh dengan patungan antara dua orang atau lebih untuk mendirikan atau melaksanakan suatu usaha bersama. Keuntungan dari sistem permodalan seperti ini adalah resiko dapat ditanggung bersama sesama pemodal, sehingga mungkin terasa lebih ringan. Sedangkan untuk hasilnya biasanya dibagi sama rata atau menurut kesepakan bersama.

Melibatkan Beberapa Penanam Modal
Berikutnya cara menperoleh modal dengan cara melibatkan beberapa penanam modal, biasanya sistem ini lebih benyak dipakai karena menguntungkan kedua belah pihak atau pihak-pihak yang ikut adil dalam penanaman modal suatu usaha.  Dengan sistem ini pemilik modal tidak perlu susah payah memikirkan atau melaksanakan usaha. Namun, pemilik bisa menarik keuntungan sesuai perjanjian yang telah disepakati bersamaa dan pengusaha dapat memulai usaha dengan modal dari investor tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai management keuangan dan persiapan modal untuk usaha yang bisa kami susun untuk anda. Jika menurut pembaca tulisan diatas sedikir bermanfaat maka sudi kiranya untuk sekedar membagi informasi ini kepada teman-teman anda di sosial media anda. Terimakasih


0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget