Friday, April 14, 2017

Strategi Iklan Online
Sudah cukup banyak UKM yang berhasil mengekspor produknya berkat bantuan internet. Salah satu UKM yang berhasil menembus pasar internasional meliputi jepang hingga Amerika adalah produk kain tenun ikat bernama Pandan Sari asal Pandaan Pasuruan. Atau UKM lain seperti sentra produksi alat musik kecapi, yang diberi nama Rumah Kecapi yang berhasil memasarkan produknya hingga daratan Tiongkok dan Ceko.

Selama strategi digital marketing yang diterapkan benar-benar tepat dan juga konsisten dijalankan, maka produk tersebut akan berhasil menembus audiens yang luas. Hal ini menunjukkan bahwa tidak peduli produk apapun yang dijual yang terpenting yakni strategi iklan online yang tepat. Sebagai salah satu strategi digital marketing, strategi iklan online dapat menjadi kunci keberhasilan kamu dalam memasarkan produk UKM yang kamu rintis. Berikut ada beberapa kunci yang perhatikan agar strategi iklan online dapat berjalan sesuai target. 

Strategi Iklan Online Untuk UKM

Strategi Iklan Online

Menentukan Target Audiens

Diibaratkan kamu sedang menembak sesuatu, tentunya kamu harus menentukan sasaran atau target tembakan yang tepat. Dalam hal berbisnis, peluru merupakan sebuah iklan, namun peluru yang tajam adalah iklan online dengan target audiens yang tepat. Untuk itu, kamu perlu menententukan terlebih dahulu siapa target audiens dari produk UKM yang hendak kamu pasarkan. Sebagai contoh, kamu dapat memasang iklan online untuk meningkatkan brand dari UKM mu. Jika tujuannya untuk meningkatkan jangkauan pemasaran target market kamu dapat memilih platform seperti  Facebook, instagram atau Twitter. Mulailah dengan memperkenalkan produk UKM kamu agar audiens mengenal dan tertarik untuk membeli, strategi iklan online ini dapat kamu terapkan dengan sangat mudah. 

Pertimbangkan Aspek Multimedia

Cara paling sederhana yang bisa kamu tempuh, mungkin dengan memasang banner pada berbagai platform media sosial seperti yang disebutkan diatas tadi, sebagai salah satu strategi iklan online untuk UKM kamu. Hal itu tidak salah, tapi mengapa kamu tidak mencoba untuk menggunakan video?, Umumnya video sebagai iklan digunakan untuk menjelaskan mekanisme kerja atau sebuah konsep. Kamu dapat memulai membuat video dengan memperlihatkan step by step melalui iklan video jika memang audiens membutuhkan hal tersebut dalam penggunaan produk kamu. Kamu dapat memanfaatkan YouTube, didalamnya kini telah memiliki fitur Ads dengan beberapa tipe yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk-produk UKM kamu.

Tepat Memasang Iklan Online


Ketika kamu berencana membuat strategi iklan online untuk dipasang di sosial medaia, maka sah-sah saja dilakukan. Tetapi yang perlu kamu perhatikan bahwa tidak semua media sosial memiliki karakter yang sama, khususnya dari segi audiens. Ketika iklan online yang diterima dengan baik di Facebook, belum tentu baik juga untuk sosmed yang lain atau justru mungkin dianggap sebagai spam. Ada baiknya, jika kamu memahami dulu karakteristik berbagai platform sosial media yang hendak kamu gunakan sebagai tempat memasang iklan online. Dengan begitu kamu mampu untuk membidik dan menembak dengan tepat sasaran tanpa harus menghabiskan amunisi.

Jaringan Sosial Lokal

Buatlah UKM milik kamu terlihat dan dikenal oleh lingkungan lokal kamu terlebih dulu dengan menerapkan strategi ikan online sesuai jaringan lokal. Dan pastikan bahwa website UKM kamu telah terdaftar dalam direktori bisnis lokal. Ketika sudah terdaftar, maka target audiens bisa dengan mudah menemukan UKM kamu ketika mereka sedang membutuhkan. Supaya UKM kamu semakin terlihat dan dikenal di ranah online, tempat UKM kamu juga harus daftar pada Google Maps. Saat target audiens yang berada di lingkungan lokal dan mengetikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan produk kamu, maka iklan online UKM kamu akan muncul pada hasil pencarian mereka.

Jasa Influencer atau Key Opinion Leader


Sebuah iklan online tidak hanya berbentuk banner atau video, namun juga dapat berupa perkataan dari para influencer atau key opinion leader.  Biasanya, mereka memiliki banyak followers di media sosialnya. Tetapi kamu tidak bisa sembarangan memilih influencer ataupun key opinien leader, apalagi jika hanya karena kamu suka dengan konten postingan yang mereka sajikan. maka pilihlah influencer yang relevan dengan produk UKM kamu. Mulai dari menentukan kriteria yang tepat untuk menjadi influencer produk UKM kamu, kemudian lakukan identifikasi di media sosial untuk mencari influencer yang sekiranya memenuhi kriteria kamu merupakan strategi iklan online yang cocok. Misalnya, UKM kamu memproduksi baju batik untuk kalangan anak muda. Kamu dapat mengajak fashion blogger sebagai influencer yang bisa mengiklankan produk baju batik tersebut. Dengan banyaknya followers yang dimiliki influencer tersebut, produk UKM kamu akan mendapat lebih banyak eksposur yang berpotensi meningkatkan [enjualan UKM kamu. 

Bagaimana menurut kamu?, Strategi iklan online di atas tidak terlalu susah untuk kamu lakukan bukan?, Sebelumnya kamu disarankan untuk melakukan berbagai riset agar iklan online yang kamu terapkan untuk UKM kamu bisa tetap sasaran, setra efektif, dan menuai hasil yang diinginkan, tentunya tidak sia-sia. ISelamat mencoba, dan salam sukses.


0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget