Strategi Iklan Online |
Sudah cukup banyak UKM yang
berhasil mengekspor produknya berkat bantuan internet. Salah satu UKM yang
berhasil menembus pasar internasional meliputi jepang hingga Amerika adalah produk
kain tenun ikat bernama Pandan Sari asal Pandaan Pasuruan. Atau UKM
lain seperti sentra produksi alat musik kecapi, yang diberi nama Rumah
Kecapi yang berhasil memasarkan produknya hingga daratan Tiongkok dan
Ceko.
Selama strategi digital
marketing yang diterapkan benar-benar tepat dan juga konsisten dijalankan,
maka produk tersebut akan berhasil menembus audiens yang luas. Hal ini
menunjukkan bahwa tidak peduli produk apapun yang dijual yang terpenting yakni strategi iklan online yang tepat. Sebagai
salah satu strategi digital marketing, strategi iklan online dapat menjadi kunci keberhasilan
kamu dalam memasarkan produk UKM yang kamu rintis. Berikut ada beberapa kunci
yang perhatikan agar strategi
iklan online dapat berjalan sesuai target.
Strategi Iklan Online Untuk UKM
Strategi Iklan Online |
Menentukan Target Audiens
Diibaratkan kamu sedang menembak
sesuatu, tentunya kamu harus menentukan sasaran atau target tembakan yang
tepat. Dalam hal berbisnis, peluru merupakan sebuah iklan, namun peluru yang
tajam adalah iklan online dengan target audiens yang tepat. Untuk
itu, kamu perlu menententukan terlebih dahulu siapa target audiens dari produk
UKM yang hendak kamu pasarkan. Sebagai contoh, kamu dapat memasang
iklan online untuk meningkatkan brand dari UKM mu. Jika
tujuannya untuk meningkatkan jangkauan pemasaran target market kamu dapat
memilih platform seperti Facebook, instagram atau Twitter.
Mulailah dengan memperkenalkan produk UKM kamu agar audiens mengenal dan
tertarik untuk membeli, strategi iklan
online ini dapat kamu terapkan dengan sangat mudah.
Pertimbangkan Aspek Multimedia
Cara paling sederhana yang bisa
kamu tempuh, mungkin dengan memasang banner pada
berbagai platform media sosial seperti yang disebutkan diatas tadi, sebagai
salah satu strategi iklan online
untuk UKM kamu. Hal itu tidak salah, tapi mengapa kamu tidak mencoba untuk
menggunakan video?, Umumnya video sebagai iklan digunakan untuk menjelaskan
mekanisme kerja atau sebuah konsep. Kamu dapat memulai membuat video dengan
memperlihatkan step by step melalui iklan video jika memang audiens
membutuhkan hal tersebut dalam penggunaan produk kamu. Kamu dapat memanfaatkan YouTube, didalamnya
kini telah memiliki fitur Ads dengan beberapa tipe yang bisa kamu
manfaatkan untuk memasarkan produk-produk UKM kamu.
Tepat Memasang Iklan Online
Ketika kamu berencana membuat strategi iklan online untuk
dipasang di sosial medaia, maka sah-sah saja dilakukan. Tetapi yang perlu kamu
perhatikan bahwa tidak semua media sosial memiliki karakter yang sama, khususnya
dari segi audiens. Ketika iklan online yang diterima dengan baik
di Facebook, belum tentu baik juga untuk sosmed yang lain atau justru
mungkin dianggap sebagai spam. Ada baiknya, jika kamu memahami dulu
karakteristik berbagai platform sosial media yang hendak kamu gunakan
sebagai tempat memasang iklan online. Dengan begitu kamu mampu untuk membidik
dan menembak dengan tepat sasaran tanpa harus menghabiskan amunisi.
Jaringan Sosial Lokal
Buatlah UKM milik kamu terlihat dan
dikenal oleh lingkungan lokal kamu terlebih dulu dengan menerapkan strategi ikan online sesuai jaringan
lokal. Dan pastikan bahwa website UKM kamu telah terdaftar dalam
direktori bisnis lokal. Ketika sudah terdaftar, maka target audiens bisa dengan
mudah menemukan UKM kamu ketika mereka sedang membutuhkan. Supaya UKM kamu semakin
terlihat dan dikenal di ranah online, tempat UKM kamu juga harus
daftar pada Google Maps. Saat target audiens yang berada di
lingkungan lokal dan mengetikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan
produk kamu, maka iklan online UKM kamu akan muncul pada hasil
pencarian mereka.
Jasa Influencer atau Key Opinion Leader
Sebuah iklan online tidak
hanya berbentuk banner atau video, namun juga dapat berupa perkataan
dari para influencer atau key opinion leader. Biasanya, mereka
memiliki banyak followers di media sosialnya. Tetapi kamu tidak bisa
sembarangan memilih influencer ataupun key opinien leader, apalagi jika hanya
karena kamu suka dengan konten postingan yang mereka sajikan. maka pilihlah influencer yang
relevan dengan produk UKM kamu. Mulai dari menentukan kriteria yang tepat untuk
menjadi influencer produk UKM kamu, kemudian lakukan identifikasi di
media sosial untuk mencari influencer yang sekiranya memenuhi
kriteria kamu merupakan strategi iklan
online yang cocok. Misalnya, UKM kamu memproduksi baju batik untuk kalangan
anak muda. Kamu dapat mengajak fashion blogger sebagai influencer yang
bisa mengiklankan produk baju batik tersebut. Dengan
banyaknya followers yang dimiliki influencer tersebut, produk
UKM kamu akan mendapat lebih banyak eksposur yang berpotensi meningkatkan
[enjualan UKM kamu.
Bagaimana menurut kamu?, Strategi iklan online di atas
tidak terlalu susah untuk kamu lakukan bukan?, Sebelumnya kamu disarankan untuk
melakukan berbagai riset agar iklan online yang kamu terapkan untuk
UKM kamu bisa tetap sasaran, setra efektif, dan menuai hasil yang diinginkan,
tentunya tidak sia-sia. ISelamat mencoba, dan salam sukses.
0 komentar:
Post a Comment