Sunday, April 2, 2017


Hei Kamu, sebelum lebih dalam mengenai membangun perusahaan startup, ada baiknya  kamu mengetahu dulu apa itu startup. Startup itu sendiri merupakan istilah bahasa inggris yang memiliki arti sebuah perusahaan rintisan, atau sebuah bisnis baru yang identik dengan dunia teknologi khususnya yang berbau internet. Setelah kamu mengetahui apa itu startup setidaknya sekarang kamu sudah memiliki gambaran mengenai bisnis startup tersebut.

Di indonesia sendiri sudah ada beberapa nama perusahaan startup yang cukup terkenal, seperti bukalapak ataupun Go-jek. Kedua CEO dari perusahaan startup sukses ini bisnisnya hanya dengan modal berani, berani ambil peluang, berani ambil resiko dan tentunya berani akan sukses. Tentunya dengan bekerja keras dan juga keberuntungan kamu pasti bisa membangun perusahaan startup yang sukses.

Berani Pada Diri Sendiri



Percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu memiliki segudang kemampuan untuk dimanfaatkan dan dapat kamu aplikasikan untuk membangun bisnis startup. Tantang dirimu sendiri untuk berani menghadapi segala sesuatu yang kamu yakini dapat sukses. Keluar dari zona nyaman merupakan hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kapasitas yang ada pada dirimu. Teruslah berkembang dan lihatlah sekitarmu dengan sudut pandang yang baru, temukan ide atau inspirasi yang orang lain tidak bisa lakukan. Orang sukses adalah orang yang dapat melihat sesuatu hal yang biasa bagi orang lain dan yang orang sukses lihat adalah sesuatu yang dapat menghasilkan uang dan bermanfaat untuk lainnya.

Berani Ambil Peluang



Setelah kamu menaklukan dirimu itu dengan ide cemerlang dikepalamu yang terus terngiang disaat kamu menjelang tidur hanya untuk memikirkannya. Seperti seorang yang jatuh cinta tentunya akan selalu memikirkan bagaimana caranya mengungkapkan perasaannya. Begitupula dalam membangun perusahaan startup yang ingin kamu rintis. Mulailah menyingsingkan lengan bajumu, mulai berkerja saja apa yang sedang kamu yakini tersebut. Jangan tunda lagi ide cemerlang itu, jangan menengok kebelakang saat memulai sebuah bisnis startup. Berfikirlah kedepan untuk mewujudkan sebuah teknologi baru, bisnis baru, ataupun inovasi dari bisnis yang sudah ada dan kamu kembangkan ke bentuk yang berbau teknologi dengan memanfaatkan internet.

Berani Merekrut Tim



Jika kamu kurang ahli dalam membuat suatu website ataupun aplikasi untuk menjalankan perusahaan startupmu itu. Kamu bisa mulai merekrut rekan terbaik yang memiliki kemampuan dibidang informasi. Mintalah untuk dibuatkan sebuah aplikasi yang bisa berjalan sesuai dengan inspirasi ide usaha startup yang kamu impikan. Dengan merekrut tim yang cerdas, bukan orang-orang yang ingin berkembang tetapi orang-orang yang menginginkan karir yang bagus. Kamu dapat menyakinkan timmu bahwa akan ada prospek yang bagus dan akan ada peningkatan karir. Carilah orang-orang dengan akademik bagus dibidangnya karena orang yang pintar secara akademik akan mementingkan karir daripada untuk berkembang.

Berani Ambil Resiko



Setelah tim yang kamu rekrut telah berhasil membuat sebuah aplikasi ataupun website, sekarang cobalah untuk uji pasar. Dalam hal ini kamu berserta tim akan sengat bekerja keras untuk mengetahui prospek nyata yang dibutuhkan konsumen. Segala kekurangan dari aplikasi atau website bisa kamu revisi untuk lebih baik pada tahap ini, tentunya tidak ada yang sempurna, tetapi jika ingin konsumen tetap bertahan maka jalan satu-satunya adalah mengikuti kemauan konsumen. Ambilah resiko terburuk dalam menjalani bisnis starup seperti ini maka dibutuhkan analisa yang bagus untuk memenuhi segmen pasar. Dengan mengembangkan sayap perusahaan diikuti dengan inovasi yang terus-terusan namun tetap memfokuskan pada konsep awal kenapa kamu membangun sebuah perusahaan startup ini, niscaya kesuksesan hanya tinggal selangkah.

Berani Menikmati Proses



Tidak ada sukses yang instan, bahkan mie instan saja butuh proses dalam penyajiannya. Jangan takut sakit saat menjalani bisnis yang sedang dirintis, nikamti saja proses berkembang dan jatuhnya bisnis startup yang kamu jalankan. Dengan mengikuti segala proses yang terjadi pada perusahaan akan menguatkanmu dalam mengambil segala keputusan untuk mensukseskan perusahaan rintisanmu. Janganlah cepat merasa puas akan hasil yang sudah kamu dapat hari ini, tapi teruslah merasa lapar namun bisa mengontrol rasa lapar yang sedang melanda. Ingatlah bukan hanya dirimu yang membangun perusahaan ini, tetapi tim kerja yang kamu bangun juga merupakan keluarga dari perusahaan startup yang kalian bangun bersama.


Terinspirasi dari tulisan diatas?, jika iya tidak salahnya berbagi dengan teman-teman kamu dengan meng share artikel ini pada sosial mediamu. Dengan begitu penulis dan pembaca akan sama-sama saling menguntungkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget