Friday, March 24, 2017

Cara Beternak Kambing Jawa Untung Jutaan Rupiah
Hei Kamu, Agar dapat sukses dalam usaha ternak kambing jawa, tentu kamu harus mengetahui mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kambing jawa tersebut. Kali ini kami ingin memberikan beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar dapat sukses dalam beternak kambing jawa supaya menghasilkan untung jutaan rupiah.

Untungnya Beternak Kambing Jawa

1. Pemilihan Bibit Kambing
Indukan Kambing Jawa
Tentu dalam pemilihan bibit kambing jawa unggul diperlukan pengetahuan mengai bibit kambing yang unggul baik kambing pejantan maupun indukan betina. Dalam memilih kambing indukan pejantan, harus memastikan pejantan yang dipilih memiliki ciri-ciri yang masuk standar sesuai yang telah ditetapkan, yakni mempunyai ciri seperti tubuhnya sehat, tumbuh dengan baik sesuai dengan usianya, bulunya bersih, halus serta terlihat mengkilap. Dan juga memiliki tubuh yang panjang, kaki lurus, dan tidak mempunyai cacat fisik, penampilan yang gagah, tumitnya tinggi, terlihat aktif dan mempunyai nafsu kawin yang tinggi serta mempunyai buah zakar yang bagus.

Sedangkan untuk untuk pemilihan indukan betina yang bagus memiliki kondisi tubuh yang sehat, badannya tidak terlalu gemuk dan memiliki bulu yang bagus dan mengkilap. Ciri-ciri lainnya yakni tidak ditemukan cacat fisik, bisa mengasuh anaknya dengan baik, buah susunya baik (halus dan kenyal).

2. Perawatan Kandang Kambing
Kandang Kambing Jawa
Kandang kambing yang baik diperlukan untuk mendukung pertumbuhan kambing, maka kamu harus melakukan perawatan kandang tempat kambing dipelihara. Alangkag baiknya jika kandang kambing menghadap ke timur supaya sesuai dengan syarat kesehatan ternak.

Sedangkan bentuk kandang kambing yang baik yaitu berbentuk kandang panggung yang memiliki atap serta tempat makan dan minum di dalam kandang. Serta memiliki ventilasi udara di dinding kandang supaya sirkulasi udara berjalan dengan sehat.

3. Management Pakan Kambing
Managemen pakan kambing harus diatur supaya kebutuhan gizi untuk kambing terpenuhi. Pada dasarnya makanan kambing dibagi menjadi dua, yaitu makanan hijauan dan juga konsentrat. Jenis makanan hijau merupakan pakan yang berasal dari daun tumbuhan alami yang terdapat di alam atau sengaja dibudidayakan. Sedangkan makanan konsentrat merupakan pakan yang berasal dari bekatul atau dedak.

Selain itu, makanan kambing jawa yang menjadi sumber protein untuk pertumbuhan kambing diantaranya jenis kacang-kacangan seperti daun kacang tanah, daun kacang panjang, dan juga daun lamtoro, daun gamal, daun kedelai, daun turi dan daun kaliandra.

4. Perhatikan Masa Kawin Kambing
Jika kambing jawa yang kamu pelihara sudah mulai dewasa, yaitu saat berusia 6-8 bulan yang ditandai dengan telah mulai muncul rasa birahi pada kambing. Kamu juga dapat mengetahui usia kambing dengan melihat catatan kelahirannya atau dengan melihat gigi yang telah tanggal. Untuk mengetahui usia kambing betina yang siap untuk dikawinkan sekitar 10-12 bulan sedangkan untuk usia kambing pejantan ketika berusia lebih dari 1 tahun.

Berikut ciri-ciri kambing betina yang telah siap kawin akan terlihat gelisah, alat kelamin luar yang terlihat membengkak, sering menggerak-gerakan ekornya, nafsu makan mulai berkurang dan sering diam saja jika dinaiki kambing pejantan. Secara umum kondisi yang dialami kambing jawa betina tersebut hanya berlangsung 30 jam, dan siklus ini akan berulang kembali setelah 17 hari kemudian. Sedangkan waktu yang paling baik untuk mengawinkan kambing jawa yaitu sekitar 12-18 jam setelah mengalami tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas tadi. Tempatkan kambing pejantan dan betina ke dalam 1 kandang untuk mempermudah penawinan, hindari juga perkawinan sedarah untuk meminimalisir cacat genetik pada anak kambing jawa.


Demikianlah cara beternak kambing jawa yang bisa menghasilkan untung hingga jutaan rupiah. Selain hal tersebut diatas, kamu juga harus mengetahui harga pasaran kambing jawa agar tidak ditipu oleh pembeli yang curang. terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Blog Archive

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget