Faktor Yang Membuat Dagangan Online Tidak Laku |
Namun, pada
kenyataannya tidak semudah yang dibanyangan karena tidak semua orang bisa berhasil
di segmen e-commerce. Serta tidak sedikit yang gagal dan akhirnya mencoba
lagi jenis usaha yang lain. Penyebabnya pun
beragam, berikut ini akan kami paparkan faktor yang membuat dagangan online
tidak laku, sehingga bisa untuk dijadikan antisipasi agar para peluku
e-Commerce ini terhindar dari kegagalan.
Faktor Yang Membuat
Dagangan Online Tidak Laku
Pelayanan Kurang Ramah
Banyak
pelaku e-Commerce atau pebisnis online yang meremehkan poin pertama ini. Yang harus
diingat, setiap konsumen juga manusia yang punya hati. Sekali konsumen merasa tersakiti
dengan pelayanan yang tidak ramah atau juga buruk. kemungkinan konsumen
tersebut tidak akan kembali lagi ke toko online Anda. Jadi pastikanlah Anda atau
karyawan yang Anda tugaskan untuk menjadi costumer service yang memiliki
kecakapan dan integritas untuk melayani setiap pelanggan dengan ramah.
Sistem Pembayaran Rumit
Pastikan
Anda menggunkan sistem pembayaran yang mudah untuk calon konsumen. Buat
mereka berfikir bahwa belanja online itu memang memberikan banyak kemudahan
dibandingkan membeli di toko fisik. Jika anda hanya menggunkan satu nomer
rekening untuk bertransaksi, maka ada kemungkinan konsumen akan segan untuk
membeli ti toko online anda karena tidak sesaui dengan rekening bank yang
konsumen punya. Setidaknya anda memiliki beberapa nomer rekening dari bank yang
terkemuka untuk memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran.
Kurang Promo atau Diskon
Sebagian
besar masyarakat membeli di toko online untuk mencari diskon dan tawaran
promosi. Alasannya sederhana, karena toko online dapat memberikan potongan
harga atau diskon yang lebih murah dibanding toko fisik. Jika anda tidak pernah
memberikan diskon atau promo kemungkinan produk di toko online anda tidak laku.
Maka pikirkanlah untuk memberikan sesuatu yang diinginkan konsumen seperti bentuk
kupon, diskon, pemberian voucher, hingga bonus gratis untuk setiap pembelian
produk tertentu.
Kurang Aktif di Media Sosial
Media
sosial merupakan tempat terbaik untuk mempromosikan dagangan dari toko
online anda. Tidak hanya sebagai
media untuk mempromosikan produk, tapi juga sebagai sumber informasi Anda untuk
mengetahui minat dan juga segmen pasar yang pas untuk usaha Anda. Seperti di
Facebook, instagram, twitter hingga strartup yang bergerak dibidang pemasaran
seperti bukalapak, ataupun tokopedia. Dengan memasarkan dagangan di media
sosial, toko online anda akan meminimalisir dagangan yang tidak laku.
Review Produk
Jika anda memasarkan dagangan anda melalui
internet, ada baiknya anda memberikan review tentang produk yang anda tawarkan.
Review atau deskripsi produk tidak usah terlalu banyak, cukup dengan fungsi
atau keunggulan produk yang anda pasang pada toko online anda. Selain review
produk, anda juga perlu memberikan kesempatan pada pembeli yang sudah
berbelanja di toko online anda untuk menilai produk yang sudah dibeli. Dengan
bagusnya penilaian akan membuat konsumen lain latah untuk membeli produk anda.
Itulah beberapa faktor yang
membuat dagangan online tidak laku, sebaiknya anda dapat mengantisipasi hal-hal
yang dapat merugikan dagangan online anda. Semoga artikel ini bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment