Sunday, March 26, 2017

Faktor Yang Membuat Dagangan Online Tidak Laku
Hei KamuDemam online shop atau yang disebut e-commerce memang menjadi alternatif yang sangat efektif bagi para pelaku usaha yanga pengguna internet sebagai medianya. Tak banyak mengeluarkan modal untuk mencari lokasi atau membangun toko, hingga produk yang dipasarkan pun terkadang tidak perlu Anda stock terlebih dulu.

Namun, pada kenyataannya tidak semudah yang dibanyangan karena tidak semua orang bisa berhasil di segmen e-commerce. Serta tidak sedikit yang gagal dan akhirnya mencoba lagi jenis usaha yang lain. Penyebabnya pun beragam, berikut ini akan kami paparkan faktor yang membuat dagangan online tidak laku, sehingga bisa untuk dijadikan antisipasi agar para peluku e-Commerce ini terhindar dari kegagalan.

Faktor Yang Membuat Dagangan Online Tidak Laku

Pelayanan Kurang Ramah
Banyak pelaku e-Commerce atau pebisnis online yang meremehkan poin pertama ini. Yang harus diingat, setiap konsumen juga manusia yang punya hati. Sekali konsumen merasa tersakiti dengan pelayanan yang tidak ramah atau juga buruk. kemungkinan konsumen tersebut tidak akan kembali lagi ke toko online Anda. Jadi pastikanlah Anda atau karyawan yang Anda tugaskan untuk menjadi costumer service yang memiliki kecakapan dan integritas untuk melayani setiap pelanggan dengan ramah.

Sistem Pembayaran Rumit
Pastikan Anda menggunkan sistem pembayaran yang mudah untuk calon konsumen. Buat mereka berfikir bahwa belanja online itu memang memberikan banyak kemudahan dibandingkan membeli di toko fisik. Jika anda hanya menggunkan satu nomer rekening untuk bertransaksi, maka ada kemungkinan konsumen akan segan untuk membeli ti toko online anda karena tidak sesaui dengan rekening bank yang konsumen punya. Setidaknya anda memiliki beberapa nomer rekening dari bank yang terkemuka untuk memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran.

Kurang Promo atau Diskon
Sebagian besar masyarakat membeli di toko online untuk mencari diskon dan tawaran promosi. Alasannya sederhana, karena toko online dapat memberikan potongan harga atau diskon yang lebih murah dibanding toko fisik. Jika anda tidak pernah memberikan diskon atau promo kemungkinan produk di toko online anda tidak laku. Maka pikirkanlah untuk memberikan sesuatu yang diinginkan konsumen seperti bentuk kupon, diskon, pemberian voucher, hingga bonus gratis untuk setiap pembelian produk tertentu.

Kurang Aktif di Media Sosial
Media sosial merupakan tempat terbaik untuk mempromosikan dagangan dari toko online  anda. Tidak hanya sebagai media untuk mempromosikan produk, tapi juga sebagai sumber informasi Anda untuk mengetahui minat dan juga segmen pasar yang pas untuk usaha Anda. Seperti di Facebook, instagram, twitter hingga strartup yang bergerak dibidang pemasaran seperti bukalapak, ataupun tokopedia. Dengan memasarkan dagangan di media sosial, toko online anda akan meminimalisir dagangan yang tidak laku.

Review Produk
 Jika anda memasarkan dagangan anda melalui internet, ada baiknya anda memberikan review tentang produk yang anda tawarkan. Review atau deskripsi produk tidak usah terlalu banyak, cukup dengan fungsi atau keunggulan produk yang anda pasang pada toko online anda. Selain review produk, anda juga perlu memberikan kesempatan pada pembeli yang sudah berbelanja di toko online anda untuk menilai produk yang sudah dibeli. Dengan bagusnya penilaian akan membuat konsumen lain latah untuk membeli produk anda.


Itulah beberapa faktor yang membuat dagangan online tidak laku, sebaiknya anda dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat merugikan dagangan online anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Blog Archive

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget