Wednesday, March 29, 2017

Cara Sukses Beternak Sapi Untung Puluhan Juta
Hei Kamu, Kali ini kami mengambil tema tentang usaha ternak sapi, karena memang jumlah permintaan akan kebutuhan daging semakin tinggi tiap tahunnya. Apalagi jumlah produksi daging sapi di dalam negeri masih belum bisa menutupi dari jumlah kebutuhan masyarakat akan mengkonsumsi sumber protein daging, hingga akhirnya terjadi defisit yang kemudian pemerintah melakukan impor daging sapi dari luar negeri.

Para peternak kita masih sangat minim akan informasi tentang cara beternak sapi yang baik dan benar, sehingga sapi hasil budidayanya terlihat tidak memiliki postur yang bagus dan lama dalam perkembang biakannya. Dalam ternak sapi sebetulnya sudah dilakukan oleh masyarakat semenjak jaman nenek moyang kita. Padahal potensi pengembangan ternak sapi sangat besar karena didukung dengan kondisi iklim dan cuaca yang cocok diterapkan di hampir seluruh wilayah indonesia. Langsung saja kita ulas step cara sukses beternak sapi untung puluhan juta.

Cara Sukses Beternak Sapi

1. Pemilihan jenis sapi
Jenis-jenis sapi yang biasa ditemukan di tanah air berasal dari sapi lokal juga sapi impor. Sapi tersebut masing-masing memiliki sifat genetik yang khas dan bisa dilihat dari bentuk fisiknya maupun dari proses laju pertumbuhan sapi tersebut. Sapi-sapi lokal yang sering dijadikan sumber daging yaitu sapi ongole, sapi PO atau peranakan ongole, sapi bali,dan sapi madura.

Namun, dari beberapa jenis sapi lokal yang ada di indonesia, yang paling populer yaitu yakni sapi PO, sapi bali, sapi madura dan juga sapi brahman. Untuk jenis sapi bali, memiliki bobot mencapai 300-400 kilogram dan prosentase karkas sebesar 56,9 %. Sedangkan untuk sapi brahman memiliki ciri-ciri persentase karkas dan 45 %. Keunggulan Sapi brahman yakni mempunyai keistimewaan dia tidak terlalu selektif dalam memilih pakan, sebab makanan apapun dia mau makan. Sapi brahman ini juga memiliki kelebihan kebal gigitan caplak, nyamuk dan tahan terhadap cuaca panas.

2. Persyaratan Kandang Sapi

Kandang Sapi
Lokasi yang paling ideal untuk penempatan kandang sapi yaitu jauh dari pemukiman warga, jarak minimal lokasi kandang dan rumah tinggal sekitar 10 meter. Usahakanlah lokasi kandang dekat dengan lahan pertanian yang mudah diakses menggunakan kendaraan. Selain itu, sebaiknya sinar matahari bisa langsung masuk ke pelataran kandang untuk menjaga kondisi kelembapan kandang sapi.

3. Persiapan Sarana dan Peralatan
Usahakan lantai kandang tetap bersih juga tidak lembab untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit dan virus. Lantai kandang bisa dibuat dari semen atau tanah yang dipadatkan, yang penting lantainya mudah dibersihkan dari kotoran-kotoran sapi tersebut. Bisa menggunakan jerami kering sebagai alas supaya kandang menjadi lebih hangat. 

4. Pembibitan
Persyaratan ternak sapi yang perlu diperhatikan adalah memiliki tanda telinga, dalam artian anak sapi (pedet) sudah terdaftar dan jelas silsilahnya, memiliki mata yang terlihat bersih dan cerah, tidak ada yang terganggu baik pernafasan maupun hidungnya tidak mengeluarkan lendir. Ketika diraba kukunya tidak berasa panas,  kulit dan bulunya bersih tidak terjangkit parasit merugikan, anda juga perlu memperhatikan bagian ekor dan duburnya, apakah ada tanda-tanda mencret? Dan juga tidak ditemukan kerusakan pada kulit dan bulu rontok.

5. Pemeliharaan
Sapi yang diternak membutuhkan pakan yang sehat dan juga seimbang. Setiap hari, sapi akan membutuhkan pakan sekitar 10% dari bobot badannya, ditambah dengan pakan tambahan sekitar 1-2% dari bobot badan sapi. Sapi juga membutuhkan pakan tambahan berupa bekatul atau dedak halus, ampas tahu, bungkil kelapa yang diberikan bersamaan dengan pakan rumput untuk menambah bobot sapi. Selain itu, Anda bisa menambahkan larutan mineral berupa garam dapur dan juga kapus. Campuranlah pakan sapi dengan jumlah dan takaran tertentu atau biasa disebut dengan ransum.

Demikianlah cara beternak sapi untung puluhan juta yang bisa kami ulas pada kesempatan kali ini, semoga tulisan ini dapat memberikan anda tambahan informasi mengenai ternak sapi yang baik. Lebih dan kurangnya tulisan diatas semata-mata kami sajikan untuk kebutuhan informasi khalayak banyak. Terimakasih


2 comments:

  1. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7860660-kandungan-air-garam-untuk-ayam-bangkok-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.fun/
    https://m1.hj128.club/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

Sample Text

Blog Archive

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget