Thursday, March 30, 2017

Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula
Hei Kamu, Ikan gurami merupakan ikan yang paling mudah dalam cara perawatanya dan pemberian pakanyapun tidak mengeluarkan modal banyak seperti ikan jenis yang lain. Dari segi harga jualnya pun terbilang cukup mahal, tapi memang ikan gurame ini tidak seperti jenis ikan lain yang dapat di panen lebih cepat. Memang ikan guramih ini sedikit lebih lama panennya, namun, banyak orang yang mengandalkan bisnis ikan gurameh sebagai peluang usaha investasi yang nyata dan sudah terbukti hasilnya dan juga sistem pemasaran ikan gurameh juga sangat mudah.

Sukses Budidaya Ikan Gurame

Settingan Kolam Gurame
Kunci sukses dalam budidaya ikan gurame adalah settingan kolam, buat senyaman mungkin air kolam untuk ikan gurameh agar mudah beradaptasi, yakni dengan cara , persiapan lahan untuk kolam, pemupukan lahan, juga persiapan awal tebar benih ikan Gurami ini, dan juga saat penebaran benih.

Perawatan Kolam Gurame
Kemudian cara perawatan lahan untuk ikan gurame ini ada beberapa tahapan yang bisa anda lakukan, yaitu  pertama dengan meringkan kolam sebelum kolam di isi air, lalu taburkan garam grasak untuk membasmi jamur atau kuman saat penjemuran kolam. Kemudian gemburkan tanah sebelum di dengan isi air bila menggunakan kolam tanah.

Pemupukan Kolam Gurame
Pemupukan lahan untuk kolam ikan gurame bertujuan untuk mendapatkan air kolam ikan yang disukai oleh ikan gurame tersebut. Selain itu, pemupukan kolam bertujuan untuk mendapatkan plangton yang dapat menjadi sumber makanan bagi ikan gurame, adapun cara pemupukan kolam adalah dengan menjemur pupuk kandang yang sudah di fermentasi mengunakan cairan gula dan ragi tape, lalu setelah pupuk di jemur 2 hari masukan ke dalam karung atau kandi.

Setelah pupuk di masukan karung atau kandi, lubangilah karung mengunakan paku, setelah di lubangi barulah masukan kolam dengan di beri pemberat seperti batu, kemudian isi air kolam sampai ketinggian 50cm, dan berikan pupuk UREA satu sendok makan kedalam kolam, lalu diamkan air kolam tersebut selama 4 hari sebelum di tebar benih ikan gurame.

Penebaran Benih Ikan Gurami

Benih Ikan Gurame
Sebelum melakukan penebaraan benih ikan gurame, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar tebar benih ikan gumare dapat berjalan aman, yakni pertama  siapkan ember untuk perendaman benih ikan sebelum di tebar, lalu isi air ke dalam ember secukupnya (usahakn air dari kolam yang akan di tebari benih Gurami). Kemudian rendamlah benih ikan Gurame selama 15 menit untuk adaptasi dengan air kolam yang baru. Barulah anda dapat memasukan benih ikan gurame yang sudah di adaptasikan ke dalam kolam dengan cara memasukan secara pelan-pelan.


Ikan gurame merupakan ikan yang sangat digemari oleh masyarakat kita sebagai ikan konsumsi. Dengan dagingnya padat, durinya yang besar, dan juga rasa yang enak dan gurih membuat ikan gurame menjadi primadona bagi sebagian kalangan masyarakat kita. Ikan gurame hampir selalu tersedia di restoran dan rumah makan, dapat dijadikan berbagai macam masakan terutama gurame bakar dan gurame asam-manis. Oleh karena itu, budidaya ikan gurame patut dijadikan inspirasi untuk menambah penghasilan atau sebagaai investasi untuk anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Blog Archive

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget