Thursday, March 9, 2017

Ikuti 6 Nasehat Jack Ma, Dan Jadilah Pengusaha SuksesHei Kamu, iya kamu. Apakah mengenal sosok Jack Ma?, beliaulah pendiri Alibaba.com. Jack Ma merupakan orang terkaya di negeri tirai bambu, yang juga salah satu dari 20 orang terkaya di dunia. Meskipun sudah menjadi orang besar namun ia memiliki perjalanan hidup yang tergolong unik. Jack Ma memiliki banyak pengalaman ditolak dimana-mana oleh berbagai perusahaan besar.


Jack Ma memiliki ambisi yang besar dengan kemauan belajar yang sangat kuat dan dibarengi dengan gagasan yang unik. Bagaimanapun juga pada akhirnya beliau berhasil menjadi salah satu pengusaha kelas dunia dan termasuk dalam jajaran orang-orang terkaya dunia. Meskipun penuh kegagalan di tahun-tahun pertamanya menjadi seorang pengusaha. Berikut ini adalah kompilasi dari beberapa nasehat Jack Ma saat berbagi pengalaman kepada para pemuda di China tentang bagaimana menjadi seorang pengusaha sukses berdasarkan pengalaman dalam hidupnya sendiri.

Nasehat Jack Ma Agar Menjadi Pengusaha Sukses

1. Sebelum berusia 20 tahun
Nasehat pertama yang dituturkan oleh pendiri Alibaba.com adalah ketika kamu sebelum berusia 20 tahun maka jadilah seorang belajar yang baik. Iya hanya cukup belajar dengan baik dan dapatkan ilmu sebanyak-banyaknya.

2. Sebelum berusia 30 tahun
Berguru dan ikuti seorang bos yang hebat, ini sangat penting karena bos yang hebat akan mengajarkan kita akan banyak hal dengan sudut pandang yang berbeda. Bekerjalah di perusahaan kecil, karena pada perusahaan kecil kita akan belajar tentang “passion”, serta belajar tentang mimpi yang besar, dan kita akan belajar untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu. Biasanya perusahaan besar merupakan tempat yang baik untuk belajar tentang proses, di perusahaan besar kita hanya menjadi bagian dari suatu mesin yang besar.

Ketika kamu berusia 25 tahun, buatlah berbagai macam kesalahan, jangan khawatir. Ketika jatuh maka bangun!, jatuh lagi, dan bangun lagi!. Nikmati saja setiap prosesnya nikmati pertunjukannya dan nikmati perjalanan (hidup). Kerena apapun kesalahan kita itu adalah “sumber pendapatan” yang hebat dikemudian hari.

3. Usia antara 30-40 tahun
Di usia ini seharusnya kamu lebih dewasa, kamu harus mulai berpikir secara vertikal dan mulailah bekerja untuk diri kita sendiri bila kamu ingin menjadi seorang pengusaha.

4. Usia antara 40-50 tahun
Kamu harus melakukan semua hal yang menjadi bidang keahlian kamu dan passion kamu. Janganlah mencoba pekerjaan baru, karena sudah terlambat. Kamu mungkin saja sukses, tetapi tingkat kegagalannya akan terlalu besar. Jadi, pada usia antara 40-50 adalah saatnya untuk fokus pada hal yang menjadi keahlian kamu.

5. Usia antara 50-60 tahun
Pekerjakanlah orang-orang muda yang memiliki passion dan baik secara akademis. Karena orang-orang muda bekerja lebih baik dibandingkan dengan kamu yang sudah menginjak usia 50an tahun. Jadi, percayakan pada mereka dan berinvestasilah pada mereka lalu pastikan mereka semua bekerja dengan baik.

6. Usia di atas 60 tahun
Habiskanlah waktu untuk diri sendiri, nikmati masa tuamu dengan keindahan dengan pergi kepantai dan menikmati hangatnya matahari.

Share! Kalau tulisan ini bermanfaat buat kamu. 

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Blog Archive

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget