Trik Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pelanggan – Hei Kamu, memiliki pelanggan setia tentu menjadi idaman setiap pelaku bisnis.
Dengan adanya kesetiaan dari para pelanggan, tidak menutup kemungkinan bila
bisnis yang dijalani bisa berhasil dan memenangkan persaingan pasar. Sebab
itulah, hampir semua pelaku usaha rela memberikan pelayanan yang prima untuk
menjaga kesetiaan para konsumennya.
Tentunya dalam memberikan pelayanan
prima membutuhkan beberapa trik supaya para pelanggan tidak kabur dari bisnis
kita. Untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam
memberikan pelayanan prima kepada pelanggan kami akan memberikan informasinya
khusus untuk kamu kamu, iya untuk kamu.
Minta Maaf
Meskipun tidak selamanya pelanggan
selalu benar, namun pelanggan biasanya ingin menjadi seorang pemenang. Sebab
ketika ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan harapan pelanggan,
segeralah untuk meminta maaf kepada pelanggan agar tidak mengurangi kepuasan
para pelanggan. Dalam hal ini, ada beberapa pelaku bisnis yang memilih
memberikan diskon hingga potongan harga untuk mengganti kesalahan yang telah mereka
perbuat.
Panggilan Untuk Pelanggan
Setiap konsumen tentunya akan merasa
senang bila kamu menyapanya dengan menyebut nama mereka. Strategi marketing seperti
ini mampu menghasilkan kedekatan dengan para pelanggan dengan lebih baik, sehingga
para pelanggan akan merasa diperhatikan dan dilayani dengan sangat baik. Namun
jika pelangganmu terlampau banyak, makan kamu bisa menggunakan alternatif lain untuk
memanggil nama meraka, seperti menggunakan panggilan khusus yang misalnya Bos,
Agan, Juragan, Sista, Kakak atau yang lainnya.
Berdayakan Karyawan
Berdayakan setiap karyawan Anda,
sebagai seorang atasan mungkin tidak selamanya Anda berada di tempat kerja
bukan. Karena itu, untuk mengoptimalkan pelayanan kepada para pelanggan, maka
memberdayakan setiap karyawan anda untuk melayani pelanggan di saat Anda tidak
berada ditempat kerja. Berikanlah kebebasan kepada mereka supaya pelayanan prima
tetap bisa berjalan meskipun Anda sedang berada di luar kota.
Follow Up
Ketika mendapatkan masukan
atau permintaan khusus dari pelanggan Anda, maka dengarkanlah dan segera
lakukan follow up agar pelanggan Anda tertarik melakukan transaksi pembelian.
Contohnya, bila pelanggan Anda meminta Anda menghubungi mereka ketika ada
produk terbaru, maka segeralah anda menghubunginya agar pelanggan Anda merasa
mendapat sambutan baik dari Anda.
Iya
Usahakanlah untuk memberikan
jawaban “Iya” kepada pelanggan Anda. Meskipun terkadang pelanggan Anda
mengajukan permintaan yang cenderung aneh dan cukup menyulitkan, namun sebagai
pelaku bisnis usahakanlah untuk memberikan jawaban “Iya” supaya pelanggan puas
dengan pelayanan yang Anda berikan. Dan
sampaikan kepada mereka bahwa Anda akan berusaha memenuhi permintaan mereka, kalaupun
belum memberikan hasil yang optimal, namun pelanggan Anda akan tetap
berterimakasih atas upaya yang telah Anda berikan.
Sederhana bukan?, Semoga
informasi tips pemasaran yang kami angkat pada kesempatan ini bisa
memberikan manfaat bagi para pembaca dan dapat menginspirasi para pelaku usaha
untuk selalu memberikan pelayanan prima bagi para pelanggannya. Majulah UKM
Indonesia dan salam sukses!.
0 komentar:
Post a Comment