Monday, March 13, 2017


Hei Kamu, beberapa hal penting yang wajib anda ketahui sebelum memulai bisnis franchise salah satunya yaitu, kenali dulu apa yang dimaksud dengan Franchisor dan Franchisee. Franchisor merupakaan pemberi franchise adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan serta menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan ataupun ciri khas usaha yang dimilikinya. Sedangkan Franchisee merupakan penerima franchise adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan serta menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba tersebut.

Nah, setelah anda mengenali istilah – istilah tersebut tadi, ada beberapa hal lain yang harus anda lakukan sebelum memulai untuk menggeluti bisnis franchise ini. Berikut ini ada beberapa cara yang layak anda ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi di bisnis Waralaba ini.

Tentukan Minat dan Passion Anda


Dalam memulai berbisnis, anda haruslah menyesuaikan pilihan investasi anda pada bidang usaha yang benar-benar anda minati dan kuasai dibidangnya, baik dari segi pengetahuan hingga target pasar serta rencana promosi dan pengelolaannya. Dalam menjalankan bisnis haruslah dinikmati sebagai bagian dari aktifitas yang menyenangkan, sekaligus wadah bagi anda untuk menuangkan ide-ide kreatif, yang selama ini tidak bisa anda ekspresikan selama bekerja di perusahaan tempat anda bekerja.

Kesuksesan terjadi karena kita mencintai apa yang kita kerjakan. Tidak terkecuali dalam sebuah bisnis, maka cintailah pilihan bisnis anda dan jalanilah sebagai bagian dari passion. Ide dan passion adalah salah satu alasan utama kenapa orang memilih untuk berbisnis.

Persiapkan Modal Sesuai Franchise yang Dipilih 


Perlu anda pahami bahwa tidak selamanya kesuksesan berbisnis franchise ditentukan oleh besar kecilnya modal para pelakunya, akan tetapi ditentukan oleh kreatifitas dan inovasi yang tercipta. Oleh sebab itu, cobalah untuk menentukan jenis usaha yang unik, menarik dan jarang ditemui sekaligus dibutuhkan saat ini. Anda pelu menganalisa pasar, apakah produk tersebut potensial atau tidak jika dipasarkan di wilayah tersebut. Inilah menariknya bisnis franchise, untuk meneliti apakah bisnis tersebut memililki prospek bagus atau tidak, anda bisa meneliti potensi usaha franchise tersebut berdasarkan pengalaman para investor.

Kenali Brand, Ketentuan Fee dan Sistem Franchise Dengan Seksama 


Selain Brand dan sistem, pertimbangan lainnya dalam memilih franchise adalah masalah fee, umumnya setiap franchisor memiliki aturan tersendiri dalam hal pembagian fee. Hal ini agar tidak merasa dirugikan dikemudian hari, sebaiknya anda harus lebih teliti dalam mempelajari setiap sistem pembagian fee tersebut. Intinya, telitilah sebelum Anda memutuskan untuk memilih jenis franchise yang nantinya akan anda jalani.

Persiapkan Lokasi Usaha yang Strategis 


Keputusan untuk memilih tempat usaha haruslah disesuaikan dengan jenis usaha Anda, target pasar dan juga potensi bisnis di wilayah tersebut. Misalkan anda memilih untuk berbisnis cafe, biasanya target pasarnya adalah mahasiswa, karyawan kantor dan komunitas. Memilih lokasi untuk bisnis ini didekat kampus dan kawasan perkantoran adalah salah satu pertimbangan yang sangat tepat. Dengan kata lain, tentukan lokasi bisnis yang sesuai dengan target konsumen anda dan kebutuhan konsumen anda. So, risetlah terlebih dahulu dan fokuslah pada tujuan bisnis anda.

Fokus dan Semangat! 


Fokus dan Semangat! Bagi banyak pengusaha yang penting adalah plan lalu action, dan action dan action. Janganlah terlalu banyak pikiran yang tidak penting dan pertimbangan yang membuang-buang waktu. Satu hal lagi, yaitu semangat! Dalam bisnis adalah wajar jika kita mengalami banyak hambatan dan lika-liku, tapi semua itu haruslah dipandang sebagai bagian dari tantangan yang harus anda taklukan. Seorang juara bukanlah mereka yang memenangkan banyak pertarungan melainkan mereka yang mampu bertahan dalam sebuah pertarungan hingga selesai. Sifat itulah yang dibutuhkan seorang juara dan hal tersebut haruslah dimiliki oleh setiap pengusaha.

Kesimpulannya
Lakukan bisnis yang menurut anda baik dan pelajari bisnis tersebut dan manfaatkani peluang bisnis tersebut!. Lakukan bisnis dengan cara bertahap, karena modal sebesar apa pun tidak akan mengubah kenyataan dalam sebuah bisnis, yakni ketidakpastian!, akan tetapi bukan berarti bisnis itu menakutkan, karena yang membuat bisnis high risk simple because of greed! artinya jika anda rakus atau serakah dalam bisnis, maka tidak menutup kemungkinan anda akan dibantai seperti hewan yang ada di penjagalan.


0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Blog Archive

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget