Menjaga Reputasi Bisnis |
Hei Kamu, beberapa waktu lalu ada
yang bertanya, Apakah sama menjalankan bisnis online jika dibandingkan bisnis
offline? tentu jawabannya bedalah ya. Dalam menjalankan bisnis online, sebuah kepercayaan
menjadi hal yang paling berharga dan penting yang harus ditumbuhkan di hati
konsumen kamu. Tentunya dalam menjalankan bisnis online antara kamu dengan
konsumen tidak saling bertatap muka secara langsung melainkan hanya bertemu
melalui dunia maya, sehingga hubungan antara keduanya harus tetap terjaga
dengan baik.
Untuk mendapatkan kepercayaan yang
dari konsumen, kamu dapat menerapkan rahasia menjaga reputasi bisnis yang akan kami sajikan dalam tulisan sederhana ini,
langsung saja kamu dapat membacanya dibawah ini.
Tips Menjaga Reputasi Bisnis
Jujur Dalam Menyampaikan Informasi
Agar informasi yang kamu sampaikan
tepat dan tertarget, maka di saat kamu menulis mengenai detail produk yang
dijual, kamu harus mengedepankan prinsip, yaitu value, quality, dan context. Prinsip
value artinya tulisan itu memiliki informasi yang bermanfaat dan tepat mengenai
detail produk. Prinsip quality artinya tulisan yang kamu post menjelaskan
tentang kualitas dari produk. Sedangkan prinsip context artinya informasi yang
kamu sajikan harus tepat sasaran pada pembacanya. Dengan begitu reputasi bisnis yang kamu jalankan akan
terjaga.
Bersikap Transparan
Buatlah citra positif dimata
konsumen dengan selalu bersikap transparan. Maksud bersikap transparan disini
adalah menunjukan sikap jujur kepada konsumen. Jawablah pertanyaan-pertanyaan
dari konsumen dengan kejujuran mengenai bisnis atau produk yang kamu tawarkan. Selalu
bersikap ramah kepada setiap konsumen akan membuat konsumen merasa nyaman
dengan anda. Tanamkan kepada konsumen bahwa kamu termasuk penjual yang memiliki
reputasi yang baik, dengan bersikap ramah dan jujur kepada konsumen.
Bangun Komunikasi
Penting bagi kamu untuk menjalin
kedekatan dengan konsumen atau pengunjung toko. Agar lebih mudah membangun
koneksi dengan calon konsumen, sebaiknya kamu memberikan pelayanan yang ramah
kepada calon konsumen. Kamu dapat memulai obrolan dengan memanggil konsumenmu
dengan sebutan bos, juragan, sist, atau agan jika kamu belum mengenal atau
belum tau nama konsumenmu. Dengan membangun kedekatan dengan konsumen memungkinkan
konsumen akan kembali lagi untuk membeli produk dari anda.
Jaga Kualitas Produk
Agar reputasi bisnis yang kamu jalankan tetap bertahan kamu harus
menjaga kualitas produk yang kamu jual. Dengan produk yang selalu terjaga
kualitasnya bukan tidak mungkin akan meningkatkan reputasi bisnismu. Selain
dari muluk ke mulut jika produk berkualitas yang kamu tawarkan akan dengan
mudah tersebar, selain itu kamu juga bisa mengshare produkmu di sosial media
agar memudahkan kamu dalam meningkatkan penjualan produk bisnismu.
0 komentar:
Post a Comment