Tuesday, March 7, 2017

Trik Pemasaran Wajib Untuk UKM Biar Mampu BersaingHei Kamu, iya kamu yang sedang merintis bisnis UKM. Pernah merasa tertantang untuk bersaing dengan perusahaan besar yang lebih dulu terjun dalam bisnis yang serupa. Tentunya membutuhkan sebuah marketing plan yang jitu supaya bisnis UKM kita mampu bersaing dengan para pemain lama yang bisa dengan mudah menghimpit bisnis yang kita jalankan ini.
Namun, jika kamu memiliki sebuah marketing plan untuk pemasaran produk yang bagus tentunya bersaing dengan perusahaan besar bukanlah sesuatu yang sulit. Kali ini penulis akan membagikan trik pemasaran wajib untuk UKM supaya mampu bersaing dengan pemain lama. Tanpa basa-basi mari langsung saja simak ulasannya yang sudah penulis buat khusus hanya untuk kamu, iya kamu..

Berani Bersaing Dengan Menjalankan Trik Pemasaran Ini



Berani Tampil Beda
Jika tak bisa bersaing dari segi modal keuangan, kamu dapat memanfaatkan kreativitas yang dimiliki suapaya bisnis UKM yang kamu jalankan bisa tampil beda di mata calon konsumen. Buatlah sesuatu yang unik dan belum pernah ada sebelumnya untuk menarik perhatian konsumen. Lakukanlah survey pasar untuk membandingkan produk dari UKM kamu dengan kompetitor lainnya, selanjutnya tonjolkanlah keunikan yang tak dimiliki oleh pesaingmu.

Pilih Segmen Pasar Yang Pas
Yang dimaksud segmen pasar disini merupakan target konsumen yang kamu pilih untuk menjual produk yang kamu tawarkan. Agar tidak kewalahan, kamu bisa memilih segmen pasar yang paling kecil terlebih dahulu atau yang belum banyak pesaingnya. Contohnya seperti merk kemasan Aqua, dahulu pendiri perusahaan minuman kemasan ini melihat belum ada pemain yang masuk ke dakam segmen pasar minuman kemasan. Namun, dengan kegigihannya kini brand aqua menjadi pionir air minum kemasan yang besar dengan jumlah pesaingnya semakin hari semakin bertambah banyak.

Aktif Ikutan Pameran
Untuk meningkatkan daya saing produk dari UKM, sekali-kali kamu bisa mengikuti pameran produk yang biasa diselenggarakan oleh pemerintah. Selain untuk memperkenalkan produk UKMmu ke kalangan masyarakat luas, mengikuti pameran juga bisa menjadi ajang untuk mengamati langsung para pesaingmu. Tentunya ada banyak pengalaman dan informasi baru yang bisa kamu dapatkan dari event pameran tersebut. Tak hanya itu, kemungkinan juga kamu bisa mendapatkan inspirasi baru setelah bertemu dengan para kompetitor.

Tampilan Mewah Dengan Harga Relatif Murah.
Ketika berbelanja di supermarket dengan banyak pilihan produk, konsumen hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi. Oleh sebab itu, penting buatmu untuk membuat tampilan kemasan produk yang mewah supaya produkmu tidak terlihat murahan. Ingatlah, kesan pertama yang dilihat calon pelanggan menjadi faktor utama yang menentukan pembelian.

Jalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Ketika kamu sudah memiliki banyak pelanggan setia, janganlah sia-siakan keuntungan tersebut. Pastikan kamu selalu menjaga hubungan baik dengan setiap pelangganmu dan berikan layanan yang cepat dan tepat agar mereka tak ingin berpaling kekompetitor kamu. Karena, pelangganmu merupakan aset berharga yang bisa membantumu memenangkan persaingan pasar.

Baca juga Cara Memulai Bisnis Rumahan Tanpa Modal

Demikianlah ulasan yang sudah penulis buat mengenai trik pemasaran wajib untuk UKM biar mampu bersaing. Semoga dapat membantu anda dalam menyusun marketing plan pemasaran produk dari UKM kamu. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Blog Archive

Powered by Blogger.

Popular Minggu Ini

Recent Posts

Text Widget